Kunjungi Link Ini Juga Ya Sobat !!

Waw!! Ternyata Ini Produk Yang Bisa Bikin Kulit Putih Bersih

Pesan Sekarang Dijamin Gak Nyesel Gan/Sis

Saturday, June 1, 2013

Cara Membedakan Gitar Kopong Asli Dan Bajakan



Selamat pagi sob, kali ni gw mau share dikit ni kepada sobat-sobat semua khususnya bagi sobat yang suka bermain gitar seperti gw. Hari ni share aja menurut pengalaman gw tentang Cara Membedakan Gitar Kopong Yang Asli Dengan Yang Bajakan.

Nah bagi yang suka bermain gitar, tentunya sudah mengenal salah namanya gitar kopong ini. Banyak sekali merek gitar kopong yang dikenal pada zaman sekarang, namun merek yang bagus tersebut belum tentu seimbang dengan kualitas barang itu sendiri. Karena pada saat ini sudah banyak tersebar produk-produk yang berkualitas rendah tapi menggunakan brand atau merek perusahaan lain. Bahkan ada yang menjual dengan harga yang sama dengan harga produk yang original. Keterlaluan :-D. harus hati-hati sob kalau mau beli gitar kopong pada saat ini.

Oke,  jadi bagaimana cara mengetahui atau membedakan mana yang asli dan mana yang bajakan? mari kita simak cara membedakannya dibawah ini.

Beberapa hal yang harus di cek : 

1. Berat Gitarnya  -  Gitar yang original biasanya lebih berat daripada yang bajakan.

2. Perhatikan Fisiknya
    • Kepala Gitar - Lihat sama gak dengan gambar produk aslinya
    • Leher Gitar - Coba lihat dari segala arah, lurus gak?
    • Bridge nya - Dua pembatas yang warna putih itu. Cek rapi gak pemasangannya.?
    • Senarnya - Biasanya gitar yang original memiliki senar yang tebal mulai dari senar 3 sampai 6
    • Cek fretnya - Lurus dan rapi gak pemasangan fretnya?
    • Nut nya - Biasanya yang original mempunyai bentuk ukiran nut seperti bunga.
    • Body nya - Tebal gak penggunaan kayunya. coba diketuk secara perlahan pada samping body nya pake satu jari dengan kuku sobat. Jika bunyi nya kira-kira sepert ini " Tik.. Tik " berarti original. Atau dengan cara lain. Ketuk dibagian belakang body nya. Jika bunyi yang diketuk bagian samping tadi sama dengan bunyi yang diketuk di bagian belakang, berarti gitar tersebut bajakan. Jika berbeda, itulah yang original. Teknik ini sama seperti halnya sobat membedakan papan yang tebal dengan yang tipis. Harus peka ya sob. 
3. Perhatikan Penggunaan Catnya
    •  Cat hitam pada fret nya - Inilah yang paling membedakan mana yang asli dan mana yang bajakan. Namun tidak banyak yang menyadari perbedaannya. Cara simpel untuk membedakannya adalah jika cat yang digunakan pada kayu tersebut adalah cat minyak (Mengkilap), itu adalah gitar bajakan. Jika tidak mengkilap atau kelihatan seperti cat air, itulah yang asli. Perhatikan warna hitamnya sob.
    • Garis fret - Ini juga tidak banyak yang mengetahui. Garis fret yang biasa digunakan gitar bajakan adalah garis fret berwarna silver. Sedangkan yang original menggunakan warna yang keemasan.
    • Cat pada body nya - Jujur menurut pengalaman gw, Gw sulit membedakan catnya pada body nya karena hampir hampir sama. Tapi ternyata ada titik perbedaannya. Dimana sobat bisa melihat perbedaan tersebut pada stiker yang digunakan di lingkaran lubang gitarnya. Gitar asli biasanya tidak akan terlihat seperti menggunakan stiker. Karena tertutup cat bening atau dengan kata lain larut bersama catnya. Sementara gitar yang bajakan stikernya bahkan mudah dikopek bahkan bisa dibuka. Test aja sob.
    • Perhatikan Logonya.
      • Di kepala gitarnya - Sama seperti cara tadi. Coba dibuka stikernya, kalau gak bisa berarti asli.
      • Di dalam gitarnya - Nah disinilah harus cermat dan teliti mengeceknya. Karena ada yang jujur menggunakan merek murah. Misalnya diluar, kelihatan menggunakan nama contohnya "Kapok". Ternyata di dalamnya justru nama brand pabrik lain. Itu masih tergolong jujur. Namun ada yang berani menggunakan brand Pabrik Asli sehingga ketika di cek, nama brandnya " Kapok". 
Itulah beberapa tips dan cara membedakan gitar kopong yang asli dengan yang bajakan. Jadi saran gw, jangan mengecek hanya berpatokan pada brandnya. Tapi cek juga point point yang gw sebutkan tadi. karena main gitar sumbang itu gak enak toh. hehe. Oke thanks sob uda membaca artikel gw. Semoga Bermanfaat Ya.
 
Salam Musik.
Cara Membedakan Gitar Kopong Asli Dan Bajakan Perihal: Peringkat: 4.5 Balasan: 7
RAMLAN AMINAN Cara Membedakan Gitar Kopong Asli Dan Bajakan By Ramlan Aminan Published: 2013-06-01T19:16:00-07:00 Cara Membedakan Gitar Kopong Asli Dan Bajakan 3 11 reviews
Judul: Cara Membedakan Gitar Kopong Asli Dan Bajakan
Rating: 78% based on 120 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Ramlan Aminan

Terimakasih atas kunjungan Sobat, Apakah artikel ini bermanfaat? Silahkan tinggalkan komentar Sobat buat Kami, Kritik dan Saran sobat dapat sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

7 comments:

  1. Cara ini bisa diterapin ke gitar kopong yang lain gak sob??

    aq putra salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga.. cuman pastinya ada sedikit perbedaan.. dan sory postingan gw ini baru mengkhususkan gitar merk kapok. Tapi ciri2 gitar yang asli dan bajakan pada gitar selain kapok juga masih bisa diterapin kok pake cara diatas.

      Delete
  2. Thanks banget buat Info nYa, sangat membantu sekali :D

    ReplyDelete
  3. Membantu banget,Baru tau gue perbedaan nya sedetail itu yah Berarti punya gue gag asli donk Ada sedikit yg berbeda.. Yah telat ni tau nya..

    ReplyDelete
  4. Gan cara ini bisa diterapkan ke gitar akustik listrik?

    ReplyDelete
  5. Membantu bgt,trims sob, punya q sfg 41 cn, cirinya sama prsis dgn yg sobat bilang ori,, tp sayang frednya silfer, palsu kali ya, tp yg pnting suara bening, bagus garing enak d mainin, dripda nyesek😭😭

    ReplyDelete

Silakan sobat berkomentar.